Minggu, 09 Maret 2014

Jenis - jenis alat kesehatan

Jenis - jenis alat kesehatan

Beberapa Jenis  Alat Kesehatan Yang Sering Kita Temukan

alat 
kesehatanAlat Kesehatan dan Supplier Alat Kesehatan sangat berhubungan, di mana para supplier alat kesehatan menawarkan berbagai jenis alat kesehatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Karena itu, berikut beberapa jenis alat-alat tersebut berikut dengan fungsi nya :
  • Jarum Infus
Jarum infus tentunya akan digunakan ketika seseorang dirawat di rumah sakit. Jarum infus merupakan alat yang biasa  ditusukkan ke pembuluh darah. Jarum infus dalam bahasa kedokteran disebut dengan abocath. Namun jarum infus berbeda dengan jarum suntik, di mana jarum infus mempunyai ukuran yang lebih panjang.
  • Selang Infus
Selang infus merupakan jenis alat kedokteran yang banyak dijual oleh para supplier alat kesehatan. Selang infu sering disebut transet, dimana fungsi dari alat  ini sebagai media untuk masukkan cairan infuse ke dalam tubuh si pasien. Sesuai dengan namanya, selang infus hanya digunakan khusus untuk cairan infuse saja. Sedangkan transet sendiri sebagai transfusi, Namun selang infus ini tidak dapat digunakan sebagai transet, akan tetap transet bisa juga digunakan sebagai selang infusi.
  • Suntikan
Suntikan sendiri merupakan salah satu jenis alat bidang kedokteran yang banyak  dan sering kita temukan di rumah sakit. Selain di rumah sakit, suntikan juga banyak dijual di pasaran oleh para supplier. Suntikan mempunyai fungsi di mana sebagai wadah atau tempat meletakkan cairan yang akan disuntikkan ke dalam tubuh pasien dengan bantuan jarun suntik. Untuk alat bidang kedokteran ini memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari 1 ml sampai dengan 20ml. Biasa nya juga jarum suntik yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan ukuran suntikannya.
  • Stetoskop
Jenis alat ini merupakan peralatan para dokter dikala memeriksa para pasien-pasiennya. Stetoskop berfungsi sebagai alat bidang kesehatan yang dapat mendengar detak jantung dan suara nafas sehingga memudahkan dokter dalam proses pemeriksaan.
  • Termometer
Mungkin jenis alat kedokteran ini sudah tidak asing bagi Anda dan dapat dengan mudah mendapatkannya. Termometer juga merupakan salah satu alat bidang kesehatan yang banyak dibeli oleh masyarakat. Oleh karena itu, para supplier alat kedokteran ini akan menyediakan stock lebih untuk 1 rumah sakit atau apotik. Termometer sendiri adalah alat untuk mengukur suhu tubuh seseorang. Biasa nya thermometer ini digunakan dengan menyelipkan di ketiak atau dimasukkan ke dalam mulut.
Itulah beberapa jenis alat bidang kesehatan yang sering kita lihat di lingkungan sekitar khusus nya di rumah sakit. Semoga ini dapat memberikan informasi untuk lebih mengenal jenis-jenis alat penting ini.
sumber :  http://www.dgspeak.com/kesehatan/mengenal-jenis-jenis-alat-kesehatan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar